CIANJUR – Inforayanews.co.id , – Insiden perampasan handphone milik jurnalis Tribun Jabar Fauzi Noviandi yang dilakukan oleh oknum berpakaian preman saat meliput aksi unjuk rasa di Sukabumi mendapat tanggapan serius dari Kapolresta Sukabumi AKBP Sumarni.

Menurut Kapolres Kota Sukabumi AKBP Sumarni, dirinya selaku penanggung jawab keamanan saat aksi berlangsung memohon maaf yang sebesar besarnya kepada para jurnalis atas insiden adanya perampasan dan penghapusan video dalam handphone milik seorang jurnalis saat sedang meliput aksi unjukrasa.

“Saya wajib meminta maaf karena menjadi pimpinan pengamanan meskipun hingga saat ini ia belum tahu anggota atau bukan yang melakukan perampasan,” katanya kepada wartawan, sabtu (10/10/20).

Pihaknya, kata Sumarni, menginginkan kesalah pahaman dengan jurnalis bisa diselesaikan dengan baik karena selama ini sudah terjalin hubungan yang baik.

“Saya tak ingin setelah ini muncul opini yang akan bisa memanfaatkan isu,” ujar Kapolresta Sukabumi saat bersilaturahmi dengan Jurnalis di Cianjur.

Ditambahkannya, kejadian yang dialami jurnalis itu pihaknya akan siap bertanggung jawab karena ia sebagai pimpinan pengamanan.

“Kalau memang insiden itu dilakukan oleh anggota saya, saya siap bertanggung jawab, kalau itu bukan dilakukan oleh anggota saya, saya siap juga bertanggung jawab. Karena saya yang menjadi penanggung jawab keamanan saat demo berlangsung,” tegasnya kepada wartawan.

Sumarni mengatakan, selaku pimpinan ia selalu menekankan tak boleh melakukan tindakan resesif melainkan harus humanis.

“Tetapi kenyataan di lapangan berbeda, saya juga prihatin tak pernah menginstruksikan untuk melakukan kegiatan tersebut,” katanya.

Sumarni mengatakan, ia sangat menghormati pekerjaan jurnalis dan tak pernah ada niatan jauh sedikitpun ingin memberangus kebebasan pers.

“Saya hanya meminta maaf yang sebesar besarnya semoga ini menjadi bahan evaluasi kami di jajaran kepolisian,” katanya.

Ketua PWI Cianjur M Ikhsan dan Ketua IJTI Cianjur Rendra Gazali mewakili jurnalis mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Kapolres Kota Sukabumi.

“Kami sepenuhnya mitra kerja dengan Polri adanya insiden kemarin merupakan dinamika dari sebuah kejadian. Kami mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Kapolres Kota Sukabumi. Meski belum tahu anggota atau bukan, beliau sudah menyampaikan permohonan maaf,” kata Ikhsan.(Sep-Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!