TASIKMALAYA — Inforayanews.co.id, -Workshop Monitoring dan Evaluasi (Monev-red) Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa di Kabupaten Tasikmalaya yang diselenggarakan di Operation Room Sekretariat Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Selasa (10/20/2020).

Pelaksanaan kegiatan Workshop Monev tersebut dibuka oleh Penjabat Sementara (PJS) Bupati Tasikmalaya, Dr. Hening Widiatmoko, MA. Turut dihadiri oleh Anggota Komite IV DPD RI Asep Hidayat, perwakilan Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Suyadi, Kepala KPPN Tasikmalaya Tardin Hidayat, Pimpinan BPKP Edi Mulia, Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen, Asisten Pemerintahan Daerah, perwakilan SKPD, para Camat se-Kabupaten Tasikmalaya, perwakilan Kepala Desa yang hadir secara luring, para Kepala Desa yang hadir secara Daring, perwakilan Tenaga Ahli dan Pendamping Desa, Diskominfo, serta undangan lainnya.

Pjs Bupati  mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Jawa Barat sebagai penyelenggara kegiatan ini. Pihaknya berharap kegiatan workshop ini bermanfaat bagi Pemda Kabupaten Tasikmalaya dalam upaya mengevaluasi pelaksanaan penyaluran dan penggunaan dana desa tahun anggaran 2020.

“Pemda Kabupaten Tasikmalaya telah konsisten melaksanakan amanat pasal 72 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, yaitu dengan menganggarkan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar 10 persen dari Dana Alokasi Umum (DAU) setelah dikurangi Dana Alokasi Khusus (DAK),” ungkap Hening dalam sambutannya.

Selain itu, Hening juga berharap seluruh peserta workshop dapat mengikuti kegiatan ini secara baik dan dapat menyerap berbagai subtansi materi yang disampaikan oleh para narasumber.

“Sehingga yang hadir pada kesempatan ini dapat mentransformasikan bagaimana pengelolaan dana desa yang efektif, efisien, berdayaguna dan tepat sasaran kepada desa-desa dalam wilayah kecamatan masing-masing,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Korwas APD 1 BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Barat Koswara menyampaikan, bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengembangkan SDM masyarakat desa dalam mengelola keuangan desa serta untuk menilai efektivitas penggunaan dana desa dan mendapat masukan melalui monev ini. pungkasnya.(Red)

 

Sumber : Diskominfo Kab. Tasikmalaya.

6 thoughts on “Workshop Monitoring & Evaluasi Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa di Kabupaten Tasikmalaya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!