KABUPATEN KARAWANG – Inforayanews.co.id, – Miris melihat nasib yang di alami oleh seorang wanita asal Desa Kertamulya, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, cita cita ingin membahagiakan keluarga dengan bekerja menjadi TKW (Tenaga Kerja Wanita) di luar negeri, namun impiannya tersebut menjadi pupus karena tidak sesuai seperti yang diharapkan.

Bermula keberangkatannya pada tahun 2018 silam untuk menginjakan kakinya di Negara Dubai dengan bermodalkan niat serta keinginan menjadi orang sukses, sehingga dirinya begitu semangat untuk bekerja mencari peruntungan diluar Negeri.

Seperti yang dialami oleh Jubaedah, Sejak kepergiannya ke Dubai tahun 2018 hingga tahun 2020, dirinya mengaku tidak pernah lagi komunikasi dengan penyalur yang telah memberangkatkannya.

Dari awal dirinya merasa ada yang aneh dengan si penyalur tersebut, karena pada saat keberangkatan dirinya tidak memakai visa melainkan menggunakan pasport, dan si penyalur yang berinisial UR ini berpesan jika di tanya dari mana maka dia harus menjawab dari PT penyalur yang dia sendiri tidak begitu hapal namanya.

Namun, sambung dia, hal janggal itu tidak lantas di gubris oleh Jubaedah, karena mengingat niat dan semangatnya ingin sukses bekerja diluar negri, hingga akhirnya Jubaedah terlantar di negara orang dari tahun 2020 – 2022 sampai saat ini, bahkan oknum UM sebagai penyalur juga tidak pernah menghubunginya.

Hal itu di ceritakan kepada media melalui telepon WhatsAppnya, sambil menangis merengek minta ingin pulang ke Kampung Halamannya, karena kondisi saat ini sudah tidak bekerja, sementara dia sendiri sedang dalam keadaan sakit dan mengalami gatal gatal memerah di tubuhnya.

“Saya ingin pulang, saya sudah tidak bekerja di sini.” Ungkap Jubaedah yang menangis tersedu-sedu menjelaskan melalui teleponnya.

Apa yang pernah dikatakan oleh Jubaedah dibenarkan oleh IM selaku Kakak kandung, bahwa adiknya itu sudah 4 tahun pergi meninggalkan rumah untuk bekerja di Luar Negeri, namun lama sudah tidak pernah mengirimkan uang ke Kampung, dan ternyata mendapat kabar kalau adiknya di sana terlantar dan sudah tidak bekerja lagi. Terang IM pada hari Jumat (24-06-2022).

Mendapatkan informasi tersebut, di hari yang sama, media mencoba menggali lagi Informasi dengan mendatangi kediaman rumah UM yang diduga salah satu orang yang telah memberangkatkan Jubaedah ke luar negeri, namun sayangnya oknum UM yang masih tinggal satu wilayah dan tidak jauh dari tempat kediamannya sedang tidak berada di rumah.

Hingga berita ini ditayangkan, belum ada keterangan dari UM mengenai sejauh mana dirinya untuk bertanggung jawab sebagai penyalur TKI.

Perlu kita diketahui, Ulasan perihal perlindungan Tenaga Kerja Indonesia awal kalinya diatur di dalam UU No. 39 Tahun 2004. Akan tetapi, sekarang ini menunjuk pada Pasal 89 huruf a UU No. 18 Tahun 2017 perihal buruh migran Indonesia.

 

Reporter : (Tif)

 

One thought on “Dua Tahun Nasibnya Terlantar di Negeri Orang Tanpa Pekerjaan, Wanita Asal Karawang Ini Menderita Sakit dan Ingin Pulang”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!