JAKARTA – Inforayanews.co.id, – Tindakan Aktor dan Youtuber Baim Wong beserta istrinya Paula Verhoeven membuat konten prank dengan berpura-pura membikin laporan kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT-red) dan Video konten prank itu sempat tayang di kanal YouTube Baim Paula pada Minggu (2/10/2022) siang.

Namun kini video itu telah dihapus. Baim Wong dan Paula Prank Polisi, Pura-pura Bikin Laporan KDRT Mulanya, Baim dan Paula berbincang di dalam mobil mereka yang terparkir di depan Kantor Polsek Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Mereka tengah merencanakan konten prank dengan berpura-pura membuat laporan kasus KDRT.

Setelah rencana mereka matang, Paula pun turun dari mobil menuju ruang pelaporan di Polsek Kebayoran Lama. Ia berpura-pura hendak membuat laporan KDRT dengan Baim sebagai terlapor. Adapun Baim duduk di dalam mobil dan memantau aktivitas Paula yang terekam kamera. Baim terlihat tertawa-tawa saat Paula masuk ke Polsek Kebayoran Lama.

Adanya Prank Laporan Polisi tersebut apabila diperhatikan dari kronologi yang sebelumnya beredar sesungguhnya secara sadar keduanya membuat video untuk kepentingan mereka berdua, dan tentunya dalam hal ini bertujuan untuk mendapatkan penghasilan dari prank Institusi Polri, oleh karena itu degan niat pembuatan video tersebut merupakan sikap batin seseorang yang diwujudkan dalam bentuk kelakuan, dan kelakuan tersebut mendapat celaan.

Perbuatan tersebut merupakan sikap batin yang buruk, karena secara sengaja membuat prank di Polsek Kebayoran lama, yang mana mereka mengetahui dan menduga akibat yang dilarang tersebut. Dalam kaitannya dengan kesalahan ini, secara teoretis dibagi menjadi dua, yaitu kesengajaan (opzet) dan kelalaian (culpa).

Sengaja atau dolus berarti adanya kehendak atau maksud (willens en wetens) yang disadari yang ditujukan untuk melakukan kejahatan tertentu. Kehendak membuat suatu perbuatan dan kehendak untuk menimbulkan suatu akibat dari perbuatan itu atau akibat dari perbuatannya itu yang menjadi maksud dari dilakukannya perbuatan itu.

Kelalaian (Culpa) yang dalam doktrin hukum pidana disebut sebagai kealpaan yang tidak disadari atau onbewuste schuld dan kealpaan disadari atau bewuste schuld. Culpa kurang diperhitungkan oleh yang bersangkutan kemungkinan munculnya akibat yang dikehendaki oleh pembuat.

Faktor terpentingnya adalah pelaku dapat menduga terjadinya akibat dari perbuatannya itu atau pelaku kurang berhati-hati. Unsur terpenting dari culpa ini adalah pelaku mempunyai kesadaran atau pengetahuan yang mana pelaku seharusnya dapat membayangkan akan adanya akibat yang ditimbulkan dari perbuatannya, atau dengan kata lain bahwa pelaku dapat menduga bahwa akibat dari perbuatannya itu akan menimbulkan suatu akibat yang dapat dihukum dan dilarang oleh undang-undang.

Dalam Pranknya Baim Wong dan Paula Niat telah diwujudkan dalam perbuatan konkrit di mana perbuatan tersebut merupakan perbuatan yang salah secara moral yang mengakibatkan kerugian bagi Institusi Polri.

Ulung Purnama,SH,MH dari Perkumpulan Kajian & Bantuan Hukum Wibawa Mukti (KBH WM) Mendorong Polri Untuk segera Memproses Hukum Prank Baim Wong Serta Isterinya Paula Verhoeven agar memberikan kesadaran hukum bagi masyarakat jangan sampai merendahkan Institusi manapun termasuk Institusi Polri, oleh karena itu Baim Wong dan Paula dapat dikenakan Pasal Laporan Palsu dan Perbuatan Merendahkan Instusi karena dijadikan candaan merupakan penghinaan kepada Institusi Polri.(123d)

20 thoughts on “Ulung Purnama,SH,MH : “Konten Prank Laporan Ke Polisi Oleh Baim Wong dan Paula Merupakan Suatu  Penghinaan Kepada Institusi Polri“”
  1. The subsequent time I learn a blog, I hope that it doesnt disappoint me as much as this one. I mean, I do know it was my choice to learn, however I really thought youd have something fascinating to say. All I hear is a bunch of whining about something that you would fix if you werent too busy on the lookout for attention.

  2. How to track the location of the other person’s phone without their knowledge? You will be able to track and monitor text messages, phone calls, location history and much more. Free Remote Tracking and Recording of Husband’s Phone Cell Phone Spy. Best Apps to Download for Free to Spy on Another Phone.

  3. Mobile Phone Monitoring App – hidden tracking app that secretly records location, SMS, call audio, WhatsApp, Facebook, Viber, camera, internet activity. Monitor everything that happens in mobile phone, and track phone anytime, anywhere.

  4. … [Trackback]

    […] Read More Information here to that Topic: inforayanews.co.id/hukum/ulung-purnamashmh-konten-prank-laporan-ke-polosi-oleh-baim-wong-dan-paula-merupakan-suatu-penghinaan-kepada-institusi-polri/ […]

  5. I will immediately grasp your rss as I can’t find your email subscription link or newsletter service. Do you have any? Kindly allow me recognise in order that I may subscribe. Thanks.

  6. There are some attention-grabbing time limits in this article but I don’t know if I see all of them middle to heart. There may be some validity but I’ll take hold opinion until I look into it further. Good article , thanks and we wish extra! Added to FeedBurner as nicely

  7. Hello, you used to write fantastic, but the last several posts have been kinda boringK I miss your great writings. Past several posts are just a little bit out of track! come on!

  8. Great post. I was checking continuously this blog and I’m impressed! Very helpful information particularly the last part 🙂 I care for such information a lot. I was looking for this particular info for a very long time. Thank you and good luck.

  9. Wonderful web site. Lots of useful information here. I’m sending it to some pals ans additionally sharing in delicious. And naturally, thanks for your effort!

  10. Hi there, just turned into alert to your blog via Google, and located that it is really informative. I am going to be careful for brussels. I will be grateful in case you continue this in future. Numerous folks will likely be benefited out of your writing. Cheers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!