KABUPATEN BEKASI – Inforayanews.co.id, – PJ Bupati Bekasi datangi jalan perbatasan antar Desa Karang Mukti, Kecamatan Karang Bahagia, dengan Desa Bantarsari Kecamatan Pebayuran, yang sedang dilakukan kegiatan pengurugan jalan yang diduga menggunakan limbah bekas peleburan besi dari PT. Gunung Garuda. Pada Rabu (15/06/2022).

Dani Ramdani selaku PJ Bupati Kabupaten Bekasi menjelaskan itu sudah tertuang di Pepres no 24 tahun 2002, di lampiran yang ke 15 limbah ini namanya adalah Milscalle itu sudah termasuk limbah non B3, dan limbah ini bisa di pakai untuk keperluan tertentu antara lain pengerasan jalan.

“Kalo bawahnya tanah ini yang kita coba akan senyawa, namun ini masih ada yang sisa sisa beton ini nanti akan kita liat perkembangannya.”

Dirinya menegaskan, bahwa ini adalah sifatnya sementara nanti tahun depan kita punya angggaran maka ini akan kita aspal atau di cor.

Dalam keterangannya Dani Ramdan selaku PJ Bupati Kabupaten Bekasi mengatakan, panjang ruas jalan hampir 1.5 Km, namun yang rusak berat setengahnya.

“Dengan lebar 5 Meter, panjang jalan yang rusak berat hampir setengahnya yaitu 700 M, ini kita gunakan material koral yang sifatnya memang sementara, karena ruas jalan di Karang Mukti ini belum dianggarkan di DPA Dinas Bina marga.”Ujarnya

Awalnya, masih kata Dani Ramdan, “dari keluhan masyarakat dan setelah kita survei ternyata memang benar sangat memprihatinkan, maka kita tangani dulu hal ini dengan material sumbangan dari PT. Gunung Garuda, demikian juga angkutannya itu juga sumbangan dari para pengusaha, sementara untuk alat beratnya dari Dinas Bina Marga Kabupaten Bekasi.” Ucapnya.

PJ Bupati Kabupaten Bekasi ini juga memaparkan, bahwa ini suatu kolaborasi meskipun belum adanya anggaran di DPA, asal ada kemauan pasti bisa kita lakukan.

“Ini di targetkan selama 2 (dua) hari beres, karena masih ada 3 (tiga) ruas lagi yang sama ditanami pohon, semoga saja yang ingin membantu tambah banyak, karena ruas jalan yang harus di perbaiki di luar dari anggaran APBD masih banyak.” Terangnya.

Menariknya, baru kali ini ditemukan di wilayah Kabupaten Bekasi Lapisan Pondasi Bawah (LPB) untuk jalan memakai limbah.

Diketahui limbah Milscalle merupakan limbah/produk samping dari industri baja yang mengandung senyawa besi oksida hematite (Fe2O3), magnetite (Fe3O4) dan wustite (FeO).

Dalam kunjungannya PJ Bupati Bekasi di dampingi oleh Kepala Dinas Binamarga Pengairan dan Sumber Daya Air (DBPSDA) Kabupaten Bekasi, Kepala Bidang Jalan (DBPSDA), Camat Karang Bahagia dan Kepala Desa Karang Mukti.

Reporter : (Tif)

One thought on “Wow !!! Perbaiki Jalan Rusak Mengunakan Limbah PT. Gunung Garuda, PJ Bupati Bekasi “Itu Tidak Tergolong Limbah B3””

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!