KABUPATEN BEKASI –Inforayanews.co.id, – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui kantor Kementrian Agama serta Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU-red) dipastikan akan memberangkatkan jemaah haji ke tanah suci pada awal Juni tepatnya tanggal 10 Juni tahun 2022 dengan jumlah kuota mencapai 1001 jemaah, dari total jumlah kuota tersebut jika dilihat serta dibandingkan dengan jumlah kuota tahun sebelumnya sangatlah menurun, kurang lebih hanya mencapai 46,5% saja.

Dimana, pada kuota normal Kabupaten Bekasi sebelum adanya Pandemi Covid-19 mencapai 2.174 jemaah haji. Karena pada tahun ini terhitung sejak tanggal 9 April Pemerintah otoritas kerajaan Arab Saudi mengumumkan hanya memberikan jatah kuota sebanyak satu juta jamaah haji untuk seluruh dunia dan jatah tersebut diluar dari negara Arab Saudi itu sendiri, kemudian dengan catatan untuk usia paling tua hanya  berumur 65 tahun dan itupun tidak boleh lebih walupun hanya satu hari.

Maka dari itu pemerintah Indonesia hanya diberikan jatah kuota haji sebanyak 100.051 ribu jemaah, dan melalui Kementrian Agama pemerintah telah mengatur jatah Kuota untuk jemaah haji di setiap wilayah, bahkan jatah kuota untuk Jawa Barat saja hanya mencapai 17566 ribu jama’ah dan itupun di Breakdown lagi untuk di Kabupaten Kota seluruh Jawa Barat, sehingga kabupaten Bekasi mendapatkan jatah kuota sebanyak 1001 jemaah.

Rincian ini telah diatur melalui Keputusan Menteri Agama Nomor 405 Tahun 2022 tentang Kuota Haji Indonesia Tahun 1443 Hijriah / 2022 yang ditandatangani Mentri Agama pada 22 April 2022. Tahun Ini bakal menjadi tahun pertama pemberangkatan jemaah haji dari Indonesia setelah 2 tahun sebelumnya ditunda akibat pandemi virus corona. Hal tersebut dipaparkan oleh Dra. Nani Mulyani M.pd selaku Kepala Seksi  Penyelenggaraan Haji dan Umrah kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Dengan adanya penurunan kuota tersebut, sambung Nani Mulyani, Kementerian Agama Kabupaten Bekasi melalui Ditjen PHU akan terus berupaya untuk bekerja semaksimal mungkin dalam menyeleksi seluruh calon jemaah haji, terutama kepada jemaah yang sudah berumur lebih di atas 65 tahun agar tidak diberangkatkan ke tanah suci pada tahun ini. selain itu kami akan melakukan pengecekan paspor dan bagi yang sudah kadaluarsa atau habis masa berlakunya supaya segera di perbaharui. Terang dia

Pemberangkatan rombongan haji tahun 2022 akan dilaksanakan secara bertahap, yang terdiri dari rombongan haji kloter pertama serta rombongan haji kloter kedua.

“Calon Jemaah Haji diatas umur 65 tahun tentunya tidak bisa diberangkatkan. Karena itu sudah menjadi kewenangan peraturan Arab Saudi untuk tahun ini,” kata Kasi PHU, Nani Mulyani saat ditemui di ruang kerjanya Selasa(31/5/2022).

Waktu itu pernah kedatangan calon jemaah haji yang mencoba datang kekantor dan meminta kepada saya untuk bisa segera diberangkatkan ke tanah suci, namun dirinya menegaskan bahwa darimanapun atau kenal dengan siapapun bila tidak sesuai dengan peraturan tetap tidak bisa berangkat ke tanah suci.

“Bahkan Ada juga yang datang kepada saya dan dia mengaku sebagai orang dekatnya pak Jusup Kalla dan Ma’aruf Amin, akan tetapi semua itu tetap kita hiraukan karena yang kita ikuti dan kita patuhi disini adalah sesuai dengan peraturan yang memang sudah ditetapkan oleh kerajaan Arab Saudi”.

Sementara mengenai biaya untuk berangkat haji, menurutnya pemerintah juga sudah menetapkan melalui Keppres Nomor 5 tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi. Dan Mengenai besaran BPIH jamaah reguler per- embarkasi di wilayah Bekasi itu senilai kurang lebih Rp. 39.886.009. Pungkasnya (124y)

8 thoughts on “Umur Calon Jemaah Haji Diatas 65 Tahun Ditunda Keberangkatannya, Tidak Perduli Orang Dekatnya Siapa Aturan Harus Tetap Ditegakkan”
  1. Hi there this is somewhat of off topic but
    I was wanting to know if blogs use WYSIWYG editors or
    if you have to manually code with HTML. I’m starting a blog
    soon but have no coding know-how so I wanted to get advice from someone with experience.
    Any help would be enormously appreciated!

  2. Hi there! Someone in my Myspace group shared this site with us so I came to take a look. I’m definitely enjoying the information. I’m bookmarking and will be tweeting this to my followers! Terrific blog and terrific style and design.

  3. First of all I would like to say wonderful blog!
    I had a quick question which I’d like to ask if
    you do not mind. I was interested to know how you center yourself and clear your thoughts before
    writing. I’ve had trouble clearing my mind in getting my ideas out there.
    I do enjoy writing but it just seems like the first 10 to
    15 minutes are lost simply just trying to figure out how to begin. Any suggestions or tips?
    Thanks!

  4. Hello would you mind letting me know which hosting company you’re using? I’ve loaded your blog in 3 completely different browsers and I must say this blog loads a lot quicker then most. Can you recommend a good internet hosting provider at a honest price? Thanks, I appreciate it!

  5. What i do not realize is actually how you’re now not actually a lot more neatly-liked than you might be now. You’re very intelligent. You already know therefore significantly when it comes to this topic, produced me in my view consider it from numerous varied angles. Its like women and men are not interested except it¦s something to accomplish with Girl gaga! Your individual stuffs excellent. Always take care of it up!

  6. I don’t even know how I ended up here, but I thought this post was great. I don’t know who you are but definitely you are going to a famous blogger if you are not already 😉 Cheers!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!