KABUPATEN BEKASI – inforayanews.co.id, – Beredarnya pemberitaan di beberapa media terkait adanya pungli PTSL yang dilakukan oleh salah satu Sekdes di Kabupaten Bekasi menjadi perhatian serius Ketua Umum Lembaga Hukum Pendampingan Desa (LHPD-red).

Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) merupakan program yang digulirkan oleh Pemerintah Pusat untuk membantu masyarakat dalam pengurusan surat kepemilikan tanah, namun yang terjadi malah disalah gunakan oleh oknum Sekdes desa Lenggahsari, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Dalam wawancara dengan Ketua LHPD Ulung Purnama, SH.MH, Jumat (05/03/2021) menyampaikan, “PTSL telah diatur dalam Instruksi Presiden (Inpres) No. 2 Tahun 2018. Program gratis ini telah berjalan sejak tahun 2018 dan direncanakan akan berlangsung hingga tahun 2025.”

“PTSL Adalah Program Sertifikat Tanah yang memberikan manfaat bagi pemilik rumah dan pemutihan Sertifikat”, tambahnya.

“Menjadi keprihatinan kami jika ada Kepala Desa ataupun Sekdes berani melakukan pungli terkait PTSL, ini sangat – sangat tidak diperbolehkan dan melanggar hukum”, paparnya.

“Adanya dugaan pungli PTSL karena Desa Lenggahsari tidak tertib administrasi dan tidak menjalankan ketentuan peraturan dan perundang – undangan yang ada, sangat disayangkan sampai dengan saat ini desa tersebut belum menjadi mitra LHPD dan tidak meminta konsultasi tentang pemahaman hukum kepada LHPD.

Jika saja sejak awal bermitra dengan LHPD besar kemungkinan kejadian tersebut dapat kami cegah dengan cara memberikan pemahaman serta konsultasi hukum. Atas dasar adanya pungli yang diduga dilakukan oleh Sekdes Lenggahsari hal ini berpotensi menjadi masalah hukum yang serius.”, Ucap Ulung Purnama,SH.MH dalam memberikan penjelasnya kepada media diruang kerjanya.

“Saya berharap seluruh kepala desa ataupun perangkat desa jangan pernah sungkan ataupun ragu untuk mengkonsultasikan segala persoalan kepada LHPD, agar dapat memahami setiap kebijakan yang akan diambilnya tidak berbenturan dengan hukum dan menjadi persoalan hukum di kemudian hari”, pungkasnya.(R4y-ST)

12 thoughts on “Ketua Umum LHPD Ulung Purnama, SH.MH Prihatin Dengan Adanya Kasus Dugaan Pungli PTSL Yang Melibatkan Oknum Sekdes”
  1. … [Trackback]

    […] Find More here to that Topic: inforayanews.co.id/bekasi-raya/ketua-umum-lhpd-ulung-purnama-sh-mh-prihatin-dengan-adanya-kasus-dugaan-pungli-ptsl-yang-melibatkan-oknum-sekdes/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Here you can find 83048 more Info on that Topic: inforayanews.co.id/bekasi-raya/ketua-umum-lhpd-ulung-purnama-sh-mh-prihatin-dengan-adanya-kasus-dugaan-pungli-ptsl-yang-melibatkan-oknum-sekdes/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Info on that Topic: inforayanews.co.id/bekasi-raya/ketua-umum-lhpd-ulung-purnama-sh-mh-prihatin-dengan-adanya-kasus-dugaan-pungli-ptsl-yang-melibatkan-oknum-sekdes/ […]

  4. … [Trackback]

    […] There you will find 50919 more Info on that Topic: inforayanews.co.id/bekasi-raya/ketua-umum-lhpd-ulung-purnama-sh-mh-prihatin-dengan-adanya-kasus-dugaan-pungli-ptsl-yang-melibatkan-oknum-sekdes/ […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!