KABUPATEN BEKASI – Inforayanews.co.id, – Akhirnya Pemerintah Kabupaten Bekasi menyegel PT Indonesia Waste Management yang berlokasi di Desa Kalijaya Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Kamis (1703/2022)

Penyegelan tersebut dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (SAT POL PP) Kab.Bekasi yang didampingi oleh Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi, karena perusahaan tersebut disinyalir tidak memiliki izin.

Personel Satpol PP yang dipimpin Sekretaris Satpol PP Denny Mulyadi langsung memasang stiker segel di gerbang bagian dalam dan luar. Dalam kegiatan tersebut kurang lebih sekitar 50 personel Satpol PP yang diturunkan untuk memastikan penyegelan tersebut agar berlangsung kondusif.

Saat mintai tanggapannya terkait penyegelan yang dilakukan oleh Satpol PP, Denny selaku Sekretaris Satpol PP kepada media Inforayanews.co.id mengatakan “Hari ini kita melaksanakan kegiatan penutupan sementara, karena mereka (pihak dari perusahaan) belum memiliki perizinan PBG (Persetujuan Bangunan Gedung) dan SLF (Sertifikasi Laik Fungsi), jadi sesuai dengan instruksi Plt.Bupati bangunan ini sementara kita tutup hingga pihak perusahaan sudah mengantongi izin,” kata Denny usai menyegel bangunan tersebut.

Dalam stiker segel yang kita pasang, sambung dia, bangunan tersebut telah melanggar Perda Kabupaten Bekasi Nomor 4 Tahun 2012 tentang Ketertiban Umum, kemudian Perda Nomor 10 Tahun 2013 tentang Izin Mendirikan Bangunan, dan Perda Nomor 10 Tahun 2014 tentang Bangunan Gedung. “Ini belum ada izin makanya kita segel sampai dia terbit PBG dan SLF, Ini instruksi Plt. Bupati,” pungkasnya.

Kegiatan penyegelan kali ini, juga di saksikan beberapa Instansi terkait dan beberapa Organisasi Masyarakat (Ormas) diantaranya adalah Warga Jaya Indonesia (WJI) yang di pimpin langsung oleh H.Apud Saepudin dan juga LSM Gunting beserta Laskar Merah Putih (LMP) Marcab Kabupaten Bekasi.

PT Indonesia Waste Management yang diketahui pemiliknya adalah bernama Wilda Yanti (Ratu Sampah) merupakan anak perusahan dari PT XAVIERA GLOBAL SYNERGY yang digadang-gadang mendapatkan izin dan dukungan serta memiliki MOU dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dibawah pendampingan atau pengawasan direktorat jenderal pengelolaan sampah, limbah, bahan berbahaya dan beracun dalam pengelolaan sampah industri berkedok bank sampah.

Dalam pelaksanaan penyegelan ditemukan timbunan sampah/Limbah industri kertas berserakan dimana-mana yang diduga milik PT FAJAR SURYA WISESA yang artinya bukan sekedar tidak memiliki izin bangunan tapi ternyata melakukan penimbunan dan aktivitas yang mengakibatkan pencemaran lingkungan sekitar, demi meredam dampak negatif PT IWM merekrut masyarakat sekitar yang diduga untuk pengalihan isue sehingga dianggap sebagai perusahaan yang dapat membuka lapangan pekerjaan masyarakat sekitar.

Hasil kinerja yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bekasi, Ketua Umum Gerakan Untuk Lingkungan (GUNTING) Adrie Charviand mengatakan, dia mengapresiasi atas kinerja yang dilakukan Satpol PP Kabupaten Bekasi yang bekerja tidak pandang bulu dalam menegakkan Peraturan Daerah.

“Kami dari LSM GUNTING (Gerakan Untuk Lingkungan) mengapresiasi atas kerja keras para penegak hukum khususnya Satpol PP Kabupaten Bekasi yang tidak pernah lelah dan tidak memandang buluh terhadap para pelanggar-pelanggar di wilayah kerjanya dan mengapresiasi ormas Laskar Merah Putih atas kepeduliannya terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar” ucap Ketua GUNTING usai kegiatan penyegelan. Kamis 17/03/2022.

Diapun berharap kepada masyarakat sekitar agar lebih jeli serta dapat melihat dampak yang ditimbulkan dan tidak terpengaruh dengan iming-iming.

“Kami berharap masyarakat bisa lebih jeli melihat situasi dan kondisi lingkungan sekitar khususnya berdirinya bank sampah-bank sampah yang ada di wilayahnya, jangan hanya karena iming-iming gaji langsung diterima tanpa melihat efek jangka panjang yg akhirnya gaji yang diterima hanya untuk tabungan ke rumah sakit” lanjutnya.

Dari kejadian tersebut, Adri pun mengungkapkan, hal ini mempertegas dugaannya bahwa ada kerjasama antara PT XVIERA GLOBAL SYNERGY melalui PT Indonesia Waste Management dengan KLHK merupakan barter dari sanksi administrasi.

“Sangsi admistrasi yang sedang dijalankan PT FAJAR SURYA WISESA dari tahun 2017 sampai saat ini (2022) tak kunjung selesai dengan kata lain kami menduga adanya kongkalikong FSW dengan KLHK” ungkap Adri kepada Media.

“Kami (GUNTING) akan terus mengawal pelanggaran-pelangaran pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh PT FAJAR SURYA WISESA siapapun dibelakang perusahaan pencemaran kami akan usut sampai ke akar-akarnya demi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang adil dan berkelanjutan”tutupnya.

Terpisah, Ketua DPD Warga Jaya Indonesia H.Apud Saepudin yang terlihat ikut mengawal adanya penyegelan di PT.Indonesia Waste Management menuturkan, “Kehadiran WJI disini untuk memastikan adanya penyegelan yang dilakukan oleh Satpol PP Kab.Bekasi kepada salah satu perusahaan yang di duga tidak memiliki izin dan dianggap telah melanggar peraturan daerah, untuk itu kita dari DPD WJI Kab.Bekasi hanya memastikan kan saja kegiatan dari Pol PP agar dalam melaksanakan tugasnya bisa aman dan kondusif .”singkatnya.(123d)

9 thoughts on “Disinyalir Tidak Memiliki Izin PBG dan SLF , PT.IWM Pengelola Bank Sampah di Segel Satpol PP”
  1. Im very happy to find this web site. I want to to thank you for ones time just for this fantastic read!! I definitely appreciated every part of it and i also have you saved as a favorite to see new information in your blog.

  2. Im excited to discover this web site. I need to to thank you for ones time for this wonderful read!! I definitely savored every bit of it and I have you bookmarked to look at new information in your web site.

  3. Generally I don’t learn post on blogs, however I wish to say that this write-up very pressured me to take a look at and do it! Your writing style has been surprised me. Thanks, quite nice article.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!